Think. Feel. Share. Inspire.

Alhamdulillah sudah memasuki hari ke-4 mengikuti Kelas Berbenah Sadis Intermediate. Mulai menanjak nih roller coasternya.
Sekarang lagi ditantang untuk melaksanakan Proyek Berbenah 20 Hari.
Tujuan saya ikut proyek ini adalah memperbaiki cara saya mengelola uang dan waktu.

Sudah diberi kuota 24 jam sehari, tetapi mengapa tidak maksimal menggunakannya? Tidak hendak membandingkan capaian diri dengan orang lain karena pasti ada banyak faktor yang memengaruhi, mulai dari titik mulai melangkah, adanya privilege, kebiasaan sehari-hari, hingga sistem dan budaya di tempat kerja yang berbeda-beda. Saya hanya ingin diri saya lebih baik dari yang sekarang. Ditambah lagi, setelah membaca siroh nabawiyah, makin terkagum-kagum pada Rasulullah, betapa dalam waktu yang singkat, beliau bisa membuat perubahan yang begitu besar.

Begitu juga dengan uang, betapa cepat ia datang dan pergi. Sudah mencatat pemasukan dan pengeluaran harian melalui aplikasi catatan keuangan, sudah membuat persentase pengeluaran, sudah begini dan begitu, namun masih saja ada kebocoran dan pengeluaran yang tak terduga. Saya merasa, ada yang salah dalam manajemen finansial saya. Beruntung, karena ilmu yang didapat dari #KelasBerbenahSadis Elementary, saya mulai bisa mengontrol perilaku impulsif, hanya mengeluarkan uang untuk kebutuhan dan bukan keinginan, meski belum maksimal sepenuhnya.

Nah, alhamdulillah, setelah lulus KBSE, mendapat reward mengikuti #KelasBerbenahSadisIntermediate.
Sebagaimana halnya dengan berbenah, pastilah segala sesuatu yang dikerjakan dengan ilmu akan memberikan hasil yang optimal, tepat sasaran, dan mencapai target yang ditetapkan. Sunnatullahnya begitu.
Terpenting adalah, jika kita bisa mengenali kekuatan dan kelemahan diri dalam konteks pengelolaan uang dan waktu, kita bisa meningkatkan kompetensi dan memperbaiki kesalahan. Bagaimana caranya? Di kelas #KBSI4 kami dibimbing secara sistematis untuk merancang dan melaksanakan proyek berbenah secara terperinci.
Maka, harapan saya, dengan mengikuti Proyek Berbenah 20 hari, saya bisa lebih bijak dalam mengelola uang dan waktu.

Terlebih, dalam tausiyah dan kajian yang saya ikuti, berulang kali diingatkan, bahwa segala sesuatu yang kita miliki (harta, usia, fisik, potensi diri dll) adalah amanah dari Yang Memberi Kehidupan, yang pasti akan dimintai pertanggungjawaban di akhirat nanti.

“Tidak akan bergeser dua telapak kaki seorang hamba pada hari kiamat sampai dia ditanya (dimintai pertanggungjawaban) tentang umurnya kemana dihabiskannya, tentang ilmunya bagaimana dia mengamalkannya, tentang hartanya; dari mana diperolehnya dan ke mana dibelanjakannya, serta tentang tubuhnya untuk apa digunakannya”

#menulisadalahmengingatkandirisendiri

#muhasabah

Leave a comment